Pusaka

Aku sebut benda benda ini adalah benda pusaka, dikarenakan benda benda tersebut merupakan hal yang sakral bagi hidupku… Mereka adalah saksi sejarah hidupku… Mereka adalah teman setiaku dikala susah ataupun senang… Dikala aku susah mereka tidak pernah menjauhiku, dikala senang mereka tidak pernah memanfaatkanku… Dikala aku berbuat salah mereka tidak pernah menggunjing dan membenciku, dikala ku berbuat baik mereka tidak pernah memujiku… Mereka inspirasiku… dan mereka hidup dalam fikiran dan hatiku…

Benda benda ini terdiri dari keris dengan lubang (combong) tiga di tengahnya, Al Qur’an kecil (stambul) dan kemenyan (getah wewangian) kuno. Benda benda tersebut merupakan warisan dari ayahku, dimana anak lelaki tertua yang berhak meneruskan untuk menjaga dan merawatnya.

Aku pernah tinggal di kota Cirebon sekitar tahun 1998-2000. Banyak sekali kisah, cerita, kenangan manis ataupun pahit yang aku rasakan…Namun semua itu telah terbayar dengan pengalaman dan pelajaran hidup yang aku dapatkan… Ada beberapa benda yang mengingatkanku pada kisah hidupku disana…

Pada saat itu aku mendapat sebuah kenang-kenangan dari sahabatku disana, namanya Sila… dia orang yang sangat jujur, setia kawan, dan suka menolong orang lain tanpa pamrih.. Banyak sekali pertolongan yang pernah aku rasakan darinya.. Sekali waktu dia memberikan sebongkah kayu kepadaku, yang katanya kayu tersebut berasal dari pohon Nagasari yang tumbang di salah satu tempat kramat di daerah Trusmi..

Setelah beberapa tahun aku memegang benda tersebut, baru kuketahui ternyata di serat kayu tersebut tersirat samar raut wajah manusia.. kadang tersirat raut wajah seekor harimau..entahlaah..yang jelas Subhanallah..itulah kehendak yang Maha Kuasa dialam ini..Wallahu A’lam..

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: